Tuesday, May 11, 2010

PREVIEW BALAP GRAND PRIX MONACO (16 MEI 2010)

GP MONACO: TREK TWISTY SARAT GLAMOR DAN GENGSI

Mengelilingi jalan raya berkelok di Pelabuhan Cote d’Azur nan indah merupakan pengalaman yang tak bisa dijumpai di tempat lain. Monaco menjadi tempat nongkrong favorit selebritis dunia dan sirkuitnya menantang nyali…

Balapan di Monaco sudah diselenggarakan sejak tahun 1929, sebelum Formula 1 secara resmi lahir (tahun 1950) dan sejak itu Monaco menjadi salah satu tempat balapan yang paling penting dan bergengsi di dunia. Sirkuit Monaco adalah trek jalan raya yang lokasinya terletak di tepi pantai dan alurnya sempit. Selain sempit, trek Monaco penuh tikungan-tikungan tajam dan banyak perubahan elevasi sehingga membuatnya sebagai salah satu trek yang paling menantang di F1. Meskipun kecepatan rata-rata mobil yang dipacu di sini relatif rendah, Grand Prix Monaco adalah tempat yang berbahaya.
href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXYaFC3Aeezx7rjF_s3xpNomqcOrvAlVgwL7FLk8YvdVrFDoAGepbZIVxwCzURRXIHZxY-rYq7uxyPjEzzyQAm5MMjszsWesmoTl06b7u4q_QKYv1asOTmLK3jHnWdmuuFxuYWKlGrgeW2/s1600/monaco-grand-prix-sky.jpg">
GP Monaco diselenggarakan setiap tahun oleh Automobile Club de Monaco yang juga menjadi penyelenggara Monte Carlo Rally dan Junior Monaco Kart Cup. Berbeda dengan balapan-balapan lainnya di dunia, sesi free practice di Monaco di selenggarakan paad hari Kamis, bukan Jumat. Tujuannya agar jalan raya bisa dibuka kembali untuk publik pada hari Jumat. Ayrton Senna adalah pembalap yang paling banyak menang di Monaco, dengan jumlah total enam kali, lima kali di antaranya antara tahun 1989 sampai 1993 dan membukukan delapan podium finis dalam sepuluh kali balapan.

Sirkuit jalan raya Monaco menuntut skill yang tinggi dari pembalap dan balance mobil harus benar-benar bagus dan pas. Jika tidak, pembalap akan kesulitan menaklukkan sirkuit. Mobil yang dipacu juga harus smooth dan mudah dikemudikan karena sirkuit yang sempit dan bumpy. Saking sempitnya, jarak mobil dengan pagar pembatas hanya 20cm dan bahkan 2cm saja. Salah sedikit, tamat riwayat Anda.

Seluruh tikungan di Monaco berkecepatan lamban dan setingan difokuskan bagaimana memastikan mobil nyaman dan handlingnya bagus pada saat melindas area bumpy dan kerb. Pembalap Renault F1, Robert Kubica, mengemukakan bahwa balapan di Monaco tak bisa santai, harus tetap fokus sejak start sampai finis karena Monaco tak memiliki trek lurus panjang yang membuat pembalap bisa menghirup sedikit nafas lega dan pembalap ekstra sibuk dengan perpindahan gigi.

DATA DAN FAKTA GP MONACO 2010
Total lap 78
Tempat Circuit de Monaco, Monte Carlo
Panjang sirkuit 3,320km
Jarak balapan 259,006km
Rekor lap 1 menit 14,439 detik (Michael Schumacher / Ferrari)
Pole sitter 2009 1m 14,902d (Jenson Button / Brawn GP)
Juara 2009 Jenson Button (Brawn GP)
Kompon ban Supersoft / medium

JADWAL BALAPAN
Kamis, 13 Mei 2010
Practice 1 15.00 – 16.30
Practice 2 19.00 – 20.30

Sabtu, 15 Mei 2010
Practice 3 16.00 – 17.00
Kualifikasi 19.00 – 20.00

Minggu, 16 Mei 2010
Race 19.00 – 21.00

Pictures taken from
1 http://www.easy-incentive.eu/blog-cannes-monaco/images/F1
2 http://www.worldwideticketing.com/images/grand-prix/monaco-grand-prix/monaco-grand-prix-sky.jpg
3 http://www.elmarine.com/images/monaco-grand-prix.jpg
4 (http://www.jdcpromotions.co.uk/images/31.jpg)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...