Wednesday, July 7, 2010

Mercy supersport 4 milyar mejeng di IIMS 2010

Ini dia mobil supersport mewah keluaran Mercedes-Benz yang bisa dilihat di International Indonesian Motor Show 2010 di Kemayoran,Jakarta Pusat, bulan Juli ini. Banderolnya di atas Rp 4 milyar per unit dan sudah laku 15 unit di Indonesia.
(Mercedes-Benz SLS AMG versi road car /mobil jalan raya - Foto: www.caranddriver.com)

Pada pertengahan Juni lalu, PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI – APTM Mercedes-Benz di Indonesia), meluncurkan mobil terbaru untuk pasar Indonesia, Mercedes-Benz SLS AMG, sebuah mobil premium supersport , adik dari Mercy SLR McLaren. Mobil jalan raya (road car) ini sama dengan mobil Safety Car yang dipakai pada balapan Formula 1 yang baru dioperasikan tahun 2010 untuk menggantikan Safety Car lama, Mercedes-Benz SL63 AMG.


(Interior road car SLS AMG - Foto: www.caranddrive.com)

Mobil yang dibanderol di atas Rp 4 milyar per unit tersebut akan diluncurkan secara resmi di International Indonesian Motor Show (IIMS) yang akan dilangsungkan pada bulan Juli ini. Rudi Borgenheimer, president & CEO PT MBI, pada saat preview Mercedes-Benz SLS AMG di kantor pusat MBI di Gedung Deutsche Bank di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa dari 16 unit mobil yang dimasukkan ke Indonesia, 15 unit di antaranya sudah terjual dan ia memperkirakan jumlah penjualan tersebut akan terus meningkat.
(Interior SLS AMG Foto: www.caranddrive.com)

Harga mobil supersport yang selangit ini memang sepadan dengan kehebatannya. Pada saat launching, mesin mobil sempat dinyalakan dan pedal gas dimainkan. Suaranya nyaring khas suara mobil balap sehingga memperkuat karakteristik sporty mobil.
(Mercedes-Benz SLS AMG Safety Car F1. Bobotnya lebih ringan dibandingkan pendahulunya SLR McLaren. Foto: www.4wheelsnews.com)

Mercedes-Benz SLS AMG adalah mobil premium yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz AMG untuk menggantikan Mercedes-Benz SLR McLaren. Ini adalah mobil Mercy pertama yang didesain in-house oleh AMG dan digambarkan oleh Mercy sebagai pengganti spiritual 300SL Gullwing yang sangat fenomenal. Mobil ini pertama kali dipertontonkan ke publik pada Frankfurt Auto Show 2009 dan penjualannya di Eropa sudah dimulai pada pertengahan 2010. Jadi tidak perlu heran jika mobil ini memulai debut sebagai Safety Car F1 awal musim 2010 menggantikan SL63 AMG yang telah menunaikan tugas selama dua tahun. Mobil Safety Car yang baru ini tetap dikemudikan oleh mantan pembalap DTM Bern Maylander.
(Mercy SLS AMG Safety Car bersama pengemudi Safety Car Bern Maylander, yang merupakan mantan embalap DTM. Foto: www.4wheelsnews.com)

Mobil ini memiliki bonnet yang panjang dan kompartemen penumpangnya dekat dengan axel belakang dan bagian belakangnya sempit. Bodi terbuat dari aluminium spaceframe body dengan pintu membuka ke atas seperti sayap burung camar, makanya disebut Gullwing. Mesin menggunakan AMG 6,3 liter V8 yang menghasilkan tenaga maksimal 420 kW (571 hp) serta maksmimum torsi mencapai 650 Nm.

Transmisi standard SLS AMG adalah transmisi dual-clutch semi-automatic tujuh percepatan AMG SPEEDSHIFT DCT-7 dengan driveshaft terbuat dari serat karbon yang ringan. Mobil ini memiliki selectable driving mode di antaranya “C” (Controlled Efficiency), “S” (Sport), “S+” (Sport plus) atau “M” (Manual). Namun tidak terdapat transmisi yang benar-benar manual. Pada pengereman, SLS AMG mengaplikasi carbon-ceramic disc brake di mana memberikan tenaga pengereman tambahan di mana bobotnya lebih ringan 40% dibandingkan dengan sistem pengereman standard dan bisa memperpendek jarak pengereman.

SLS AMG mampu berakselerasi dari 0 – 100km/j dalam waktu 3,8 detik dan top speednya mencapai 317km/jam. Menurut siaran pers Daimler AG bahwa Safety Car F1 yang baru ini memiliki spesifikasi teknik yang sama dengan SLS AMG road car baik dari sisi mesin, power transmission, suspensi dan sistem pengereman.


Spesifikasi Mercedes-Benz SLS AMG

Spek umum
Pabrik Mercedes-Benz
Perusahaan induk Daimler AG
Tahun produksi 2010–
Tahun model 2011–
Perakitan Sindelfingen, Jerman
Pendahulu Mercedes-Benz SLR McLaren Class luxury car and grand tourer
Body style coupe, 2 pintu
Layout mesin tengah depan, rear-wheel drive
Mesin 6208cc V8
Transmisi Dual-clutch semi-automatic 7-speed
Wheelbase 2,680 mm
Panjang 4,638 mm
Lebar 1,939 mm
Tinggi 1,262 mm

Mesin
• M 159 V8-engine, cylinder bank angle 90°
• Four valves/cylinder
• Displacement: 378.835 cu in (6.20799 L)
• Bore x stroke: 102.2 mm (4.02 in) × 94.6 mm (3.72 in)
• Power: 571 PS (420 kW; 563 hp) at 6800 rpm
• Power per litre: 92 PS (68 kW; 91 hp)
• Torque: 650 N•m (480 lb•ft) at 4750 rpm
• Torque per litre: 104.7 N•m (77.2 lb•ft)
• Max. 7200 rpm
• Engine lubrication: dry sump
• Weight: 206 kg (450 lb)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...