Monday, April 5, 2010

Sebuah catatan kecil - balapan Formula 1 2010: new regs, new drivers...

Balapan Kejuaraan Dunia F1 musim 2010 sudah berlangsung di Bahrain tanggal 14 Maret dan akan ditutup di Yas Marina Circuit, Uni Emirat Arab pada 14 November mendatang dengan jumlah total 19 putaran. Memasuki musim yang baru, terjadi sejumlah perubahan mulai dari regulasi, jumlah tim, komposisi pembalap sampai tempat gelaran. Lantas apa saja hal-hal baru yang bakal menghiasi balapan F1 pada musim 2010 ini?

UJI COBA
Agenda uji coba pada musim 2010 di awali pada 1 Desember 2009 dengan agenda bernama ‘Young Driver Test’ yang berdurasi selama tiga hari di Circuito de Jerez, Spanyol. Setiap tim hanya diperkenalkan melakukan uji coba maksimal 15.000km selama 15 hari di bulan Februari. Sesi uji coba diselenggarakan di Valencia (1-3 Februari), Jerez (10-13 Februari dan 17-20 Feb) dan Barcelona (25-28 Feb).

TIM BARU
* Campos adalah tim GP2 yang berkedudukan di Spanyol dan dipimpin oleh mantan pembalap Adrian Campos. Tapi kini, nama tim telah berubah menjadi Hispania Racing Team setelah diambil alih oleh Jose Ramon Carabante.

* Virgin Racing dipimpin oleh John Booth dan Nick Wirth dengan nama asli Manor Grand Prix. Namanya berubah jadi Virgin Racing setelah mendapat dukungan finansial dari Virgin Group milik Sir Richard Branson.

* US F1 Team adalah tim yang dipimpin oleh desainer mobil balap terkenal Ken Anderson dan mantan staf tim Williams, Peter Windsor, yang juga editor majalah grand prix terkemuka di dunia, F1 Racing. Tapi sayang, USF1 telah menyatakan diri tidak dapat mengikuti balapan musim 2010 karena persoalan finansial.

* Lotus F1 Racing dimiliki oleh pengusaha terkemuka Malaysia dan pemilik perusahaan penerbangan Air Asia, Tony Fernandes dengan dukungan pemerintah Malaysia dan konsorsium pengusaha Negeri Jiran. Tony telah menunjuk Mike Gascoyne sebagai technical director.

Keempat tim baru itu menyisihkan para pelamar lainnya di antaranya adalah Prodrive F1 milik bos tim Subaru Prodrive, David Richards; Brabham, Epsilon Euskadi, Stefan Grand Prix dan Lola Cars.

PERUBAHAN PEMBALAP
* Fernando Alonso pindah dari Renault ke Ferrari, menemani Felipe Massa.
* Rubens Barrichello pindah dari Brawn GP ke Williams
* Jenson Button pindah dari Brawn GP ke McLaren, menjadi team-mate Lewis Hamilton. Dan merupakan line-up duet juara dunia pertma sejak duet Ayrton Senna dan Alain Prost tahun 1989, juga di McLaren.
* Timo Glock bergabung dengan Virgin Racing, setelah sebelumnya bergabung di Toyota.
* Kamui Kobayashi bergabung dengan Sauber Team.
* Heikki Kovalainen pindah ke Lotus F1 Racing dari McLaren dan menjadi team-mate Jarno Trulli
* Robert Kubica pindah dari BMW Sauber ke Renault, menggantikan Fernando Alonso. * Nico Rosberg pindah dari Williams ke Mercedes GP, menjadi team-mate Michael Schumacher.
Jarno Trulli pindah dari Toyota ke Lotus F1 Racing

PEMBALAP BARU
- Karun Chandhok, bergabung dengan Hispania Racing F1 Team –dulunya Campos Meta- dan merupakan pembalap F1 kedua setelah Narain Karthikeyan (Jordan Grand Prix 2005).

- Lucas di Grassi bergabung dengan Timo Glock di Virgin Racing. Ia adalah juara ketiga GP2 Series 2009 bersama tim Racing Engineering.

- Nico Hulkenberg, juara GP2 Series 2009 bersama ART Grand Prix dan akan memulai debut di F1 dengan Williams, berpasangan dengan Rubens Barrichello.

- Vitaly Petrov, juara kedua GP2 Series 2009, berpartner dengan Robert Kubica di Renault dan menjadi pembalap F1 pertama dari Rusia.

- Bruno Senna, keponakan Ayrton Senna ini, akan bergabung dengan Hispania tahun 2010.

PERUBAHAN KALENDER
- GP Bahrain akan diselenggarakan di layout trek yang baru. Para pembalap akan memakai bagian trek yang baru sehabis Tikungan keempat dan mengikuti trek yang panjangnya hampir 900 meter, kemudian masuk kembali ke bagian trek lama menjelang Tikungan 5.
- GP Inggris akan diselenggarakan lagi di Silverstone setelah sebelumnya direncanakan di Donington Park gara-gara pemilik Donington kesulitan finansial untuk membiayai pembangunan sirkuit tersebut.
- GP Kanada masuk lagi ke agenda 2010 setelah absen tahun lalu.
- GP Jepang yang semestinya tahun ini diselenggarakan di Fuji Speedway dikembalikan ke Suzuka gara-gara krisis finansial global membuat Fuji juga kesulitan keuangan. Suzuka juga akan menjadi tempat penyelenggaraan tahun 2010 dan 2011.
- Korea Selatan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah F1 dengan nama Grand Prix Korea dan balapannya dilaksanakan di Korean International Circuit di Yeongam tanggal 17 Oktober.
REGULASI
* Refueling (pengisian bahan bakar saat pit stop) untuk pertama kalinya dilarang sejak 1993 sebagai bagian dari efisiensi biaya balapan.
* Formula One Management akan menawarkan bantuan finansial kepada seluruh tim baru mulai musim depan senilai US$ 10 juta dan memberikan transportasi gratis untuk dua sasis dan kargo seberat 10.000kg ke setiap race.
* Menghapus KERS karena tidak memberikan manfaat maksimal dan karena tekanan dari FIA untuk mengurangi biaya balapan, tapi pemakaian KERS tidak dilarang dari regulasi.
* Berat minimal mobil dinaikkan dari 605kg menjadi 620kg agar pembalap berbadan tinggi dan badannya lebih berat tidak dirugikan jika KERS dipasang di mobilnya. KERS tetap diperkenankan dipakai pada tahun 2010, meskipun FOTA telah sepakat untuk tak memakai sistem tersebut.
* Jumlah maksimal mobil yang ikut balapan dinaikkan dari 24 menjadi 26 mobil
* Sistem kualifikasi diubah untuk mengakomodir mobil tambahan: 7 mobil akan dihilangkan dari sesi Q1, 7 mobil dari Q2 dan 10 mobil masuk sesi Q3. Muatan bahan bakar saat sesi ketiga rendah karena adanya larangan refueling.
* 10 pembalap teratas harus start dengan set ban yang sama yang mereka pakai saat kualifikasi. Jika ban rusak saat kualifikasi, FIA Technical delegate akan menganalisa besar kerusakan dan yang mengijinkan boleh atau tidak ban diganti demi faktor keselamatan.
* Dilarang memakai wheel cover
* Tapak ban dibuat lebih sempit dari 270mm menjadi 245mm untuk meningkatkan keseimbangan grip antara depan dengan belakang.
* Berdasarkan negosiasi Concorde Agreement yang baru di GP Hungaria 2009, tim mengusulkan sejumlah langkah untuk menghemat biaya, yakni:
* Membatasi jumlah modifikasi aerodinamika selama satu musim
* Melanjutkan pelarangan uji coba selama musim balapan berlangsung, seperti
yang sudah diterapkan tahun 2009 lalu.
* Membatasi jumlah personil tim yang boleh menghadiri balapan
* Tim harus menghomologasi komponen-komponen tertentu di dalam mobil, termasuk di antaranya survival cell pembalap, roll structure, seluruh struktur anti benturan dan ban depan serta belakang. Artinya semua komponen itu tak bisa diubah selama musim berlangsung tanpa ada persetujuan tertulis dari FIA dengan alasan keselamatan.
* Melarang pemakaian Rim heaters dan tyre blankets hanya boleh dipakai untuk menghangatkan permukaan luar ban saja. surface.
* Perubahan sistem poin menjadi
1 = 25
2 = 18
3 = 15
4 = 12
5 = 10
6 = 8
7 = 6
8 = 4
9 = 2
10 = 1

SAFETY CAR
Mercedes-Benz mengumumkan bahwa safety car pada tahun ini akan memakai SLS AMG yang baru. SLS AMG adalah safety car F1 terkencang dalam sejarah motorsport ini.

(EKA ZULKARNAIN, wartawan F1 Racing Indonesia dan fans motorsport)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...