Thursday, April 29, 2010

Preview Grand Prix Spanyol (07 - 09 Mei 2010)


Setelah balapan lintas benua (fly-away) di Asia, Timur Tengah dan Australia, Formula 1 untuk pertama pada musim 2010 ini menginjak daratan Eropa. Pada tanggal 9 Mei mendatang, F1 akan menyambangi trek Catalunya dengan gelaran bertajuk Grand Premio De Espana Telefonica 2010 di daerah pinggiran kota Barcelona dan pastinya bakal dipadati oleh fans berat Fernando Alonso.


KARAKTERISTIK SIRKUIT
Mulai dipakai sebagai tempat balapan F1 bulan September 1991, Circuit de Catalunya merupakan salah satu sirkuit dengan desain terbaik di era F1 modern. Sangat familiar di kalangan pembalap karena sirkuit ini juga menjadi arena uji coba seluruh tim F1 selama musim dingin. Catalunya mewakili hampir seluruh karakteristik trek F1 di seluruh dunia dan trek yang dianggap sangat tepat untuk menguji coba karakteristik aerodinamika mobil sehingga tim bisa mengetahui seberapa kompetitif paket aerodinamika mobil yang mereka kembangkan.

Trek modern ini memiliki 8 tikungan ke kanan dan lima tikungan ke kiri, termasuk di antaranya tiga tikungan cepat dan 2 trek lurus panjang. Karena trek ini hampir dipastikan 100 persen dikenal pembalap, seluruh engineer sudah mengetahui balance dan setingan mobil yang dibutuhkan. Bahkan mereka juga tahu secara detail misalnya, seberapa besar dampak kenaikan suhu tiga derajat di trek terhadap mobil.

Meskipun memiliki beberapa tikungan berkecepatan tinggi, sektor terakhir Catalunya sangat pelan sehingga pembalap harus mencari kompromi setingan terbaik agar bisa tetap kencang baik pada saat masuk tikungan lamban maupun cepat. Hampir seluruh tim kesulitan mencari kompromi antara performa dengan balance mobil semaksimal mungkin. Traksi dan kestabilan pengereman sangat penting, apalagi jika cuaca panas membuat tingkat keausan ban cukup tinggi. Dan pada tahun ini, Catalunya akan tetap menjadi trek yang menarik dan tidak gampang melakukan overtaking karena dalam tiga balapan terakhir selalu dimenangkan oleh pole sitter.

PREDIKSI BALAP
Sepanjang musim 2010 berjalan, empat balapan terakhir dimenangkan oleh tiga pembalap berbeda, meskipun Jenson Button menjadi juara dua kali di Australia dan di Cina. Salah satunya berkat perubahan regulasi yang melarang pengisian bahan bakar pada saat pitstop (refueling), balapan dalam tiga grand prix terakhir semakin menarik. Banyak aksi overtaking dan jarak antar pembalap berdekatan membuat fans tak mau beranjak dari tempat duduk untuk melihat setiap mobil masuk ke dalam areal slipstream pembalap di depannya.

Duet McLaren –terutama Jenson Button- akan diunggulkan sebagai juara Spanyol 2010 mengingat Button memenangi balapan yang karakternya hampir mirip Catalunya; yaitu di Australia dan GP Cina. Pelarangan refueling yang membuat beban mobil semakin berat, membuat setiap tim harus menjaga ban agar tidak cepat aus. Jenson Button telah membuktikan kepiawaiannya di Cina dan performa duo McLaren juga akan didukung oleh kehadiran F-duct yang bisa membantu kecepatan mobil di trek lurus. Jenson sendiri adalah juara Spanyol tahun lalu, namun perubahan regulasi tidak membuat kans Jenson Button menang di Catalunya semakin besar. Justru performa JB selama empat putaran terakhir lah yang menentukan kelayakan sang Juara Dunia 2009 tersebut.

Bagaimana dengan kans Lewis Hamilton, Sebastian Vettel dan Mark Webber? McLaren MP4-25 adalah mobil yang sangat cocok di Catalunya dibandingkan dengan rival-rival lainnya sehingga Hamilton memiliki potensi memuncak grand prix lewat strategi ban yang tepat dan mampu menjaga kestabilan mobil dengan baik. Di atas kertas lainnya, Vettel dan Webber tetap berpeluang tinggi, namun jika dibandingkan dengan Jenson, tentunya McLaren lebih berpeluang. Isu reliabilitas masih akan menghantui Red Bull seperti yang dialami di Bahrain dan Australia.

FAKTA DAN DATA GP SPANYOL
Jumlah lap 66
Lokasi Circuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol. 18km sebelah timur laut Barcelona
Panjang sirkuit 4,655km
Jarak balapan 307,073km
Rekor lap 1m 21,670d (2008) Kimi Raikkonen (Ferrari)
Pole 2009 1m 20,527d Jenson Button (Brawn GP)
Juara 2009 Jenson Button (Brawn GP)
Kompon ban Soft/hard
Cuaca 19 derajat Celcius, cerah

(Eka Zulkarnain, wartawan F1 Racing dan fans motorsport).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...