Tuesday, November 10, 2009

Sakaratul maut

Pagi jam 10 Kamis lalu gw dapet telpon. “Ka, ….(maaf nama sengaja tak disebutkan) sekarat. Lo dateng deh, dia ada di rumah!” Gila gw otak gw langsung berpikir, seminggu lalu temen baik gw itu telepon agar gw jenguk dia di Rumah Sakit Pasar Rebo. Cuma gw ngak jenguk karena gw bener-bener lagi ribeeet, bet ribet jadi ngak sempet.

Pas denger kabar itu, gw langsung telp beberapa temen kasih tau. Gw pun langsung meluncur. Dan bener, sampe di rumahnya temen gw itu lagi bener-bener di ujung kehidupan. Temen gw bener-bener udh ngak sadarkan diri, tinggal nafas yang terus keluar dan dada yang turun naik. Ada kali 2 menitan gw cuma liatin doang. Gw ngak percaya dengan pemandangan di depan gw.

Eh…tiba-tiba neneknya bilang, “ini eka ya…kirain ibu eka itu perempuan. Ini anak ibu dari tadi pagi nanyain kamu trus.. Coba kamu duduk disampingnya”. Gw terus jongkok, gw pegang tangannya dan gw elus dadanya. Gw terus bisikin, “…., gw udah dateng dan tolong kuatkan diri lo.” Eh gw liat air mata mengalir dari matanya. GOD Help me.
Tak lama dari situ, nafasnya tinggal satu-satu. Dalam tiga kali sentakan nafas, temen gw itu meninggal dunia; pada saat gw elus dada dan gw pegang tangannya. GOD Help Me.

Baru kali ini gw temenin orang sakaratul maut; meski gw pernah melihat bokap gw juga sakaratul maut tapi ngak sampai ngeliat nafasnya yang terakhir karena harus cari mobil buat bawa ke RS. Selama gw melihat temen melepas nyawanya, gw berpikir, “gila ya…manusia itu cuma segitu aja. Ngak ada apa-apanya dibandingkan luasnya kehidupan.” Ngak ada yang bener-bener bisa menolong…ngak ada uluran tangan yang bisa menahan nyawa dan regangan nafas. Tak ada uang yang bisa membeli Malaikat apalagi Tuhan untuk menunda kematian.

Yang bikin gw kaget lagi, nyokap temen gw itu cerita bahwa sejak di rumah sakit seminggu lalu, temen gw itu selalu nanyain gw buat menjenguknya. Soalnya katanya kenapa gw ngak jenguk lagi. Bahkan sejak pagi hari sebelum temen gw meninggal, dia juga selalu nanyain gw. GOD help me…

Dari melihat sakaratul maut itu gw berpikir, mungkin gw lagi dikasih teguran or rezeki oleh Allah SWT. Dan momen itu memberikan pelajaran bagi gw bahwa kita harus menghargai yang namanya kehidupan, menghargai yang namanya pertemanan, menghargai, menghargai, menghargai dan menghargai…nyawa dan kehidupan kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...