Monday, November 8, 2010

Preview GP Abu Dhabi (14 November 2010)



SEJARAH
Rencana untuk menyelenggarakan Grand Prix Abu Dhabi diumumkan pada awal 2007 di Abu Dhabi F1 Festival di Uni Emirat Arab dan dipilihlah pulau pasir Yaz sebagai lokasi sirkuit. Pengerjaan proyek sirkuit di Pulau Yaz ini sudah dimulai sejak Februari 2007 dengan menyerap jam kerja hampir 25 juta jam, 6500 pekerja yang bekerja dua shift (delapan jam per shift) dan dilengkapi dengan pembangunan pabrik aspal sendiri agar bisa mengontrol langsung campuran dan material-material untuk aspal yang dipakai. Batu-batu untuk aspal itu sendiri didatangkan khusus dari Asia, dan menyebabkan skala serta tingkat kerumitan proyek ini benar-benar luar biasa!


Pembangunan Sirkuit International Yaz Marina ini disebut sebagai maha karya agung di dalam motorsport disebabkan lingkungan proyek yang amat sulit. Harus membongkar gunung dan bukit untuk memberikan perubahan ketinggian 30 meter pada bagian sirkuit sebelum sirkuit dilengkapi dengan North Grandstand berkapasitas 16.000 tempat duduk. Dan pihak penyelenggara juga harus membuat pelabuhan laut buatan seperti yang kita lihat sekarang ini serta sebuah hotel yang terletak di tengah-tengah trek. Yang lebih monumental lagi adalah di sebelah sirkuit terdapat taman hiburan Ferrari World yang menyuguhkan ragam hiburan yang berkaitan dengan dunia otomotif, salah satunya roller coaster terkencang di dunia.


GP Abu Dhabi pertama kali menggelar balapan F1 pada musim 2009 dan merupakan balapan F1 pertama yang diselenggarakan pada siang dan malam hari atau disebut juga twilight race (balapan senja hari). Balapan diselenggarakan pada pukul 17.00 waktu setempat dan selesai pada sekitar pukul 20.00 waktu setempat.


THE CIRCUIT
Sirkuit ini memiliki empat area grandstand – Main Grandstand, West Grandstand, North Grandstand dan South Grandstand- dan sebagian pit lane exitnya harus melewati terowongan. Sirkuit ini memiliki beberapa tempat yang bagus untuk overtaking. Misalnya Tikungan Pertama, 2, 3, 4 sampai 5. Setelah Tikungan 7, terdapat trek lurus panjang yang membutuhkan pengereman sangat keras ketika mobil memasuki Tikungan 8.


Robert Kubica, pembalap Renault, mengatakan bahwa Sirkuit Yas Marina luar biasa, apalagi kalau dilihat dari TV dengan pemandangan hotel besar yang diterangi lampu beragam warna dan refleksinya terpantul di trek. Menurutnya, Yas Marina menawarkan banyak lokasi overtaking yang bisa membuat balapan semakin enak ditonton.

Selain menawarkan tempat overtaking terbaik, khususnya di Tikungan 8, Tikungan Pertama di Yas Marina juga rawan kecelakaan. Masalahnya justru di bagian terowongan di bawah Tikungan Pertama. Terowongan saat keluar dari pit sempit dan berliku. Satu kesalahan kecil saja, bisa memblokir exit dari pit.
(Tikungan 8, Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi)

STATISTIK SIRKUIT

Jumlah lap 55
Tempat Yas Marina
Panjang sirkuit 5,521km
Jarak balap 303,587km
Rekor lap 1m 40,279d (2009)
Sebastian Vettel (Red Bull)
Pole 2009 1m 40,948d Lewis Hamilton (McLaren)
Juara 2009 Sebastian Vettel (Red Bull)
Alokasi ban Super soft dan medium
Cuaca sekitar 240C, cerah
Lokasi Yas Island, Abu Dhabi di Arabian Peninsula

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...