Honda Freed yang diluncurkan secara resmi di Jakarta, awal pekan ini menawarkan berbagai keunggulan yang di klaim Honda tidak dimiliki MPV konvensional yang ada di Indonesia. Apa saja yang diunggulkan Freed?
It’s a New Performance
Mesin i-VTEC 1.5 liter dikembangkan dengan tujuan memberikan performa dinamis dengan efisiensi bahan bakar tingkat tinggi, sesuai dengan karakter sebuah mobil 7-seater. Mesin ini menghasilkan kekuatan maksimum 87 kw (110 PS) pada 6.600 rpm, yang terbesar di kelasnya, dan torsi maksimum 146 Nm (14.9 kgm) pada 4.800 rpm.Pada saat beban mesin rendah, hanya 1 intake valve bekerja untuk membiarkan bahan bakar masuk, menciptakan efisiensi bahan bakar yang maksimal pada putaran rendah. Sementara pada beban mesin tinggi kedua intake valve bekerja sehingga lebih banyak bahan bakar yang masuk, menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran tinggi. Selain mengatur jumlah katup yang bekerja, mesin i-VTEC juga dapat menyesuaikan ketinggian dan kedalaman buka tutup katup intake sesuai dengan beban mesin.Kerja mesin i-VTEC didukung oleh teknologi Drive by Wire (DBW), yang menggantikan cara kerja throttle konvensional yang menggunakan kabel. Setiap pijakan pedal akselerasi diteruskan ke dalam komputer melalui sinyal elektrik yang akan mengontrol buka tutup katup pedal akselerasi untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar. Penerapan DBW juga membantu menghindari terjadinya hentakan ketika pedal gas diinjak secara mendadak atau saat melakukan manuver untuk parkir.Kinerja mesin i-VTEC untuk Honda Freed semakin disempurnakan dengan teknologi Torque Boost Resonator untuk meningkatkan torsi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas, menghasilkan akselerasi yang lebih bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.Penyempurnaan juga dilakukan pada desain pola sebung piston yang inovatif. Desain piston yang baru bertujuan mengurangi gesekan pada silinder, meredam kebisingan mesin, sekaligus memaksimalkan performa dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.Untuk mewujudkan kualitas performa berkendara yang lebih tinggi lagi, sistem transmisi otomatis dengan 5 percepatan diterapkan untuk menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dan responsif. Sistem yang baru pertama kalinya diterapkan dalam sebuah mobil MPV ini dengan Grade Logic Control untuk menghasilkan kinerja transmisi yang optimal serta efisien.Sistem tersebut bekerja bersama teknologi Active Lock Up System, yang berfungsi untuk memberikan jeda waktu pergatian gigi yang menjadi lebih pendek serta akselerasi yang semakin cepat, untuk mengurangi hentakan saat perpindahan gigi.Teknologi lain yang diterapkan pada sistem transmisi Honda Freed adalah Shift Hold Control, yaitu sistem pengaturan perpindahan transmisi secara terkomputerisasi. Sistem ini mencegah terjadinya perpindahan transmisi yang berlebihan sehingga akselerasi dan kecepatan tidak maksimal. Dengan shift hold control, kendaraan dapat melaju dengan lebih lincah dan mulus terutama pada jalan yang berkelok.Honda Freed menggunakan dual air-fuel ratio control yang bekerja dengan Linear Air-Fuel ratio (LAF) sensor dan sebuah sensor O2, sebagai tambahan dari system air flow sensor. Teknologi tersebut memungkinkan kontrol udara dan bahan bakar yang lebih presisi untuk menghasilkan emisi yang memenuhi syarat EURO 4, yang terbaik di antara semua model MPV di IndonesiaTak hanya bertenaga, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan, performa berkendara Honda Freed juga lebih nyaman dengan penggunaan suspensi depan McPherson Strut dan suspensi belakang H-Torsion Beam untuk meningkatkan kestabilan kendaraan sekaligus mempertahankan kenyamanan seluruh penumpang saat berkendara.Sistem Electric Power Steering telah diperbaharui, membuat setir lebih ringan pada kecepatan rendah dan lebih mantap pada saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.Kombinasi struktur bodi, engine mounting, suspensi, dan berbagai aplikasi peredam meminimalkan tingkat kebisingan, getaran dan goncangan sehingga kabin menjadi lebih senyap.
inilah.com
No comments:
Post a Comment